Perjuangan · Pregnancy

[Review] Aplikasi Senam Hamil

review-aplikasi-senam-hamil
Review Aplikasi Senam Hamil

 

It’s been a loooooong time since my last post. Saya lagi writer’s block nih (halah, kayak writers beneran aja) 😀

Saya bukannya malas nulis, tapi entah kenapa akhir-akhir ini saya semangat banget beres-beres rumah, berbenah, merawat diri, merawat rumah, makanya tiap hari saya boyoken dan pegel-pegel haha. Jangan-jangan ini isyarat gender bayi? Hihihi. Semoga ini isyarat bahwa kelak dedek bayi rajin yaaaa dan menguasai soft skill kerumah-tanggaan, jangan kayak Bapak Ibuknya yang baru kenal apa-apa setelah merantau dan jauh dari orangtua. Huft.

Memasuki usia 30 weeks ini saya sudah mulai concern dengan yang namanya persalinan. Ditambah lagi saya ada riwayat melahirkan prematur, jadilah saya harus ekstra menyiapkan diri untuk persalinan sejak jauh-jauh hari.

Baca : Bahagianya Melahirkan

Beberapa hari terakhir ini saya sudah mulai rajin jalan-jalan pagi keliling komplek bersama kakanda suami, jalan kaki yaa tentunya. Terlepas dari apakah memang jalan kaki itu beneran bisa melancarkan persalinan atau enggak, yaah, saya sih seneng aja jalan kaki pagi-pagi sambil menghirup udara segar. Lagian sebenarnya, kalau dipikir-pikir, harusnya persalinan kali ini dedek bayi langsung bisa meluncur bebas yah. Kan udah anak ketiga, tinggal wuuurr~~ Semoga aja deh 😀

Selain jalan kaki, saya juga sudah mulai senam hamil. Di klinik bersalin tempat saya rutin periksa, dan di beberapa rumah sakit dekat tempat tinggal kami juga ada beberapa kelas senam hamil berbayar. Tapi saya sih lebih memilih senam sendiri di rumah. Lebih hemat, ga perlu bayar, dan bisa suka-suka saya kapan waktu dan durasinya. Plus ya, saya itu ga punya baju olahraga muslimah yang nyaman, punya sih tapi udah ga muat karena menggendut begini, jadi ya dirumah aja lah bajunya suka-suka. Haha.

Emang bisa senam hamil sendiri di rumah? Bisa dong. Tinggal download aplikasi di playstore dengan kata kunci “Pregnancy Workout” atau “Pregnancy Exercise” udah pada bermunculan deh itu berbagai macam aplikasi senam hamil.

Dari berbagai macam aplikasi itu, saya memilih aplikasi Pregnancy Workout-nya Power 20. Seperti ini nih penampakannya di playstore:

screenshot_2017-01-18-18-33-54
Pregnancy Workout by Power 20
screenshot_2017-01-18-18-25-38
Downloading Pregnancy Workout App

Kenapa saya pilih Power 20? Simply because they use cartoon image. Haha. Iyes, lha yang lain kan gambar orang beneran, sedangkan ini saya download aplikasinya pake hape suami karena hape saya sendiri ga muat RAM-nya. Jadi yah saya pilih yang gambar kartun untuk menjaga pandangan suami saya dong. Hihi.

Tapi walau alasan saya remeh begitu, setelah lihat-lihat testimoninya lumayan juga kok. Setelah dicoba juga saya merasa ini cocok buat saya yang dari sononya ga doyan olahraga. Ga terlalu bikin saya capek banget setelah senam, tapi lumayan bikin keringatan, dan terbukti enak sih di badan jadinya.

screenshot_2017-01-18-18-35-38
What they say about this app

Nah setelah di download, coba yah kita review satu-satu gimana sih aplikasi ini. Bismillah 😀

HALAMAN MUKA

Setelah download, kita akan disuguhi halaman muka seperti ini. Dia akan otomatis downloading workout terbarunya.

screenshot_2017-01-18-18-26-50
Halaman muka

PILIHAN TRIMESTER

Kemudian setelah proses downloading selesai, akan muncul tampilan seperti dibawah ini. Nah disini beberapa pilihan yang bisa kita coba. Dari Trimester 1, Trimester 2, Trimester 3, dan bagusnya juga dia menyediakan pilihan untuk stretching.

Ohya, saya lupa menjelaskan maksud Power 20 disini. Jadi aplikasi ini menyediakan paket senam/olahraga dengan durasi 20 menit. Iyap! 20 menit sajaaa. Tuh kan seperti yang saya bilang, ini cocok banget buat saya yang ga doyan olahraga tapi tetep butuh olahraga. Ini aplikasi yang menjawab kegundahan para bumil gimana bisa olahraga ga pake lama tapi tetap efektif.

screenshot_2017-01-18-18-28-03
Pilihan Trimester

Masing-masing trimester beda yah jenis senamnya. Saya pribadi sih sejujurnya trimester 1 dan 2 sama sekali ga ada niatan rutin olahraga, ya sekadarnya aja. Nah karena saya udah masuk trimester 3 jadi langsung aja deh klik yang 3rd Trimester. Tapi sebelumnya boleh lah kita intip dulu yang versi 5 Min Stretching ini. Kan harus pemanasan dulu 😀

screenshot_2017-01-18-21-56-36
Choose The Routine

Nah setelah kita pilih 5 Min Stretching, ada tampilan seperti ini. Beberapa opsi untuk dipilih, mau Routine 1, 2, atau 3 dst. Tapi sebenarnya ga bisa dipilih juga sih karena yang bisa dibuka cuma Routine 1, kita harus upgrade ke full version dulu untuk bisa menggunakan pilihan Routine 2, 3, 4 dst yang artinya kita harus pakai aplikasi berbayar, bukan yang versi gratisan lagi. Saya sih ga tertarik upgrade yah, yang ini aja udah cukup sih 😀

Setelah pilih Routine 1 baru deh muncul tombol Start begini dan bisa langsung kita mulai deh senam hamilnya. Yippiee~~~

screenshot_2017-01-18-18-30-47
Halaman muka 5 Min Stretching

Ohya btw mohon diperhatikan sebelumnya, disini sudah ada pemberitahuan juga yaaa. Consult with your doctor before using this app. Jadi sebelum senam hamil atau olahraga apapun memang harusnya konsul dulu ke dokter, karena masing-masing ibu hamil beda perlakuan. Ada ibu hamil yang harus banyak gerak, ada juga yang malah ga boleh gerak banyak-banyak karena rawan entah itu rawan keguguran atau rawan premature. Nah, kita harus aware dengan diri kita sendiri, jenis ibu hamil yang seperti apakah kita.

 

TAHAPAN SENAM HAMIL

Kemudian selanjutnya, aplikasi ini mengajak kita untuk senam hamil dengan dua tahapan, yaitu persiapan dan pelaksanaan. Kedua tahapan ini dibedakan dengan dua warna yang berbeda.

Warna biru untuk tahap persiapan, juga ada ada instruksi “Get Ready.”

Warna orange untuk tahap pelaksanaan, juga dilengkapi dengan instruksi “Go!

Selain itu, di layar juga dilengkapi dengan informasi penunjuk waktu (timer), nama gerakan, serta tombol play, skip forward maupun backward seperti gambar dibawah ini:

screenshot_2017-01-18-18-30-53
Tahap persiapan

 

screenshot_2017-01-18-18-31-00
Tahap pelaksanaan.

 

Salah satu kelebihan yang saya suka dari aplikasi ini ya fitur persiapan dan pelaksanaan. Persiapan biasanya saya pakai untuk ambil posisi dan mengatur nafas. Saya baru benar-benar men-set badan ketika tahap pelaksanaan. Ohya, karena ada beberapa gerakan yang mengharuskan kita untuk menghadap kanan-kiri-atas-bawah, jadi kita ga bisa selalu melihat layar kan, tapi aplikasi ini menyediakan fitur alarm ketika timer habis.

Jadi kalau sudah 30 detik di satu gerakan, dia akan berbunyi. Tandanya sudah selesai di gerakan itu, dan masuk ke tahap persiapan untuk gerakan selanjutnya. Enak sih, bagi saya ini memudahkan banget.

Masing-masing gerakan berbeda waktunya, ada yang 30 detik, ada yang 60 detik. Nah seringnya kalau pas diawal-awal itu saya ngos-ngosan banget dan beberapa gerakan yang susah malah saya nya ga nyampe target sekian detik. Ga masalah. Bisa di-skip, haha. Atau kalau mau nambah durasi juga bisa backward dan mulai lagi gerakannya.

Setiap gerakan pasti ada dua tahapan ini yah. Persiapan dulu, baru pelaksanaan. Selesai. Ganti persiapan baru, dan pelaksanaan lagi. Begitu terus sampai rangkaian senamnya habis.

screenshot_2017-01-18-18-31-10
Tahap persiapan
screenshot_2017-01-18-18-31-17
Tahap pelaksanaan

 

SENAM HAMIL KATEGORI 3RD TRIMESTER

Setelah selesai dengan rangkaian 5 Min Stretching, kita kembali ke awal ke halaman muka. Dan setelah istriahat secukupnya, kita bisa mulai rangkaian senam hamil untuk 3rd trimesternya. 

Secara umum sih sama ya dengan yang 5 Min Stretching tadi. Setelah pilih 3rd Trimester, akan ada pilihan lagi paket workout routine 1, 2, 3 dst. Tapi ya sama juga, yang bisa dipilih cuma yang Routine 1. Untuk bisa memilih Routine 2, 3, dst harus upgrade ke full version juga.

Bedanya ya gerakannya di 3rd Trimester lebih banyak, dan beberapa mengharuskan kita untuk menggunakan properti tambahan. Tapi ga masalah sih, properti tambahannya itu benda-benda yang gampang ditemukan, seperti kursi misalnya.

 

screenshot_2017-01-18-18-28-03
Kembali ke halaman muka
screenshot_2017-01-18-18-28-22
Pilih paket workout routine
screenshot_2017-01-18-18-28-33
Memulai workout

 

Sama juga seperti sebelumnya, di paket workout 3rd Trimester ini senam hamil dibagi menjadi dua tahapan, persiapan dan pelaksanaan. Tampilan layoutnya juga sama persis, cara kerjanya juga sama. Tapi gerakannya walau sekilas tampak gampang dilakukan, ternyata lumayan bikin keringetan juga loh. Ya secara ibu hamil gede yah ga ngapa-ngapain aja juga udah capek, apalagi olahraga, hihihi.

 

screenshot_2017-01-18-18-28-45
Tahap persiapan
screenshot_2017-01-18-18-29-06
Tahap pelaksanaan

Walau memang hanya 20 menit, tapi kalau dirasa-rasa lumayan juga gerakannya. Ga terlalu susah dilakukan, dan sejauh pengamatan saya yang awam ini sih semua gerakannya terlihat aman. Contoh beberapa gerakan senam ibu hamil trimester 3 bisa dilihat dibawah ini:

screenshot_2017-01-18-21-59-44
Contoh gerakan 1
screenshot_2017-01-18-21-59-58
Contoh gerakan 2
screenshot_2017-01-18-22-00-53
Enter a caption
screenshot_2017-01-18-18-29-50
Contoh gerakan 3
screenshot_2017-01-18-22-00-44
Contoh gerakan 4
screenshot_2017-01-18-22-01-09
Contoh gerakan 5
screenshot_2017-01-18-18-30-07
Contoh gerakan 6
screenshot_2017-01-18-22-01-20
Contoh gerakan 7
screenshot_2017-01-18-22-00-25
Contoh gerakan 8
screenshot_2017-01-18-18-30-27
Contoh gerakan 9
screenshot_2017-01-18-22-01-51
Selesai!

Gimana gimana contoh gerakannya? Kelihatannya gampang yah? But, trust me it’s not! Haha. Dengan perut segede gini, untuk bertahan satu gerakan beberapa detik aja udah perjuangan loh. Kalau saya sih hehe, ya mungkin emang dasarnya saya aja sih ga doyan olahraga makanya ini sesuatu banget hihihihi.

 

PLUS MINUS

Setelah dilakukan dan dipikir-pikir, aplikasi senam hamil ini ada kelebihan dan kekurangannya sih. Coba kita bikin poin-poinnya ya!

Kelebihan:

  • Gratis, gampang dicari di playstore. Ga perlu kata kunci yang ribet untuk mencari aplikasi Pregnancy Workout by Power 20 ini.
  • Adanya kategorisasi per trimester membuat kita jadi bisa berolahraga sejak sedini mungkin, bahkan sejak masih hamil muda. (Dengan catatan disesuaikan kondisi kehamilan masing-masing yaah) dan pembagian kategorisasi ini menurut saya bagus, karena memang kebutuhan olah tubuh bagi ibu hamil di tiap trimester berbeda-beda.
  • Pembagian tahapan menjadi dua: persiapan dan pelaksanaan juga membuat senam hamil terasa manusiawi. Kita bisa punya waktu untuk ambil nafas dan siap-siap posisi dengan tanpa banyak membuang-buang waktu. Senam hamil bisa tetap terasa efisien dan efektif.
  • Fitur timer dengan alarm bunyi yang memudahkan. Kita ga perlu harus terus-menerus melihat layar untuk mengetahui kapan selesainya suatu gerakan. Bagi saya sih ini sangat memdahkan yah.
  • Tidak butuh banyak peralatan tambahan. Ga perlu menyediakan balon pillates. Cukup dengan kursi, tembok, dan lantai sudah beres.
  • Gambar kartun, haha. Apalagi belakangan saya baru sadar itu gambar kartunnya tidak berwajah. Waaah kalau dari sisi syariat sih ini bagus yah. Kitanya ga perlu melihat aurot perempuan lain, dan gambarnya pun juga karena tidak berupa gambar makhluk bernyawa dengan lengkap (kan ga berwajah) jadi aman dari sisi syariat. Kalau bagi saya dan suami yang concern dengan ini, bagi kami ini salah satu hal positif yang kami sangat apresiasi 😀
  • Ohya satu lagi, ga banyak iklan. Suka sebel kan sama aplikasi yang iklannya bejubun dan menuhin layar? Nah syukur deh aplikasi ini enggak gitu. Iklannya cukup sebaris dibawah, ga banyak, ga menutupi layar.

 

Kekurangan:

  • Pilihan workout routine hanya 1, pilihan lain ada dan dipajang, tapi ga bisa dibuka. Kalau sudah beberapa kali senam hamil jadi mulai bosan, kurang banyak variasi dan pilihan gerakan.
  • Entah kenapa tiap buka aplikasinya, dia otomatis checking updates dulu. Bagi saya sih ini ga perlu ya, ngabisin kuota aja huhu *pelit*
  • Ga ada penjelasan manfaat gerakan. Saya sih berharap tiap gerakan dikasih penjelasan, ini manfaatnya apa, gunanya melancarkan apaaa gitu. Nah ini enggak. Ya dia lempeng aja gitu nyuruh kita gerak ini itu tanpa ada keterangan apa-apa kecuali judul gerakan aja.

 

Nah, sejauh ini sih yang saya rasakan lebih banyak kelebihan daripada kekurangannya. Mungkin saya akan tetap setia pakai aplikasi ini sampai hari H melahirkan nanti. Kecuali kalau saya tetiba nemu review aplikasi senam hamil yang much better, baru deh saya akan pindah ke lain hati 😀

Sekian dulu review dari saya, semoga bermanfaat yaa!

signature

Leave a Reply

