Keluarga

Tomato Cream Soup, Sahabat di Musim Penghujan

Akhir-akhir ini pinggiran Jakarta hampir setiap hari hujan, hujannya deras dan berangin pula. Daerah sekitar rumah juga banyak yang terendam banjir, untung rumah kami ga ikut kena banjir, alhamdulillah.

Sepekan terakhir ini juga suami sedang sakit, kecapekan, kehujanan, flu, pusing, radang tenggorokan jadi satu. Memang sakitnya ya begitu aja sih, cuma karena suami saya ini susah banget kekeuh gamau minum obat, jadilah lamaaaaa banget ini sakitnya ga sembuh-sembuh. Memang pada akhirnya membaik sendiri sih, tapi kan lama yah.

Setiap hari saya masakin yang anget-anget dan berkuah, sop, sayur bening, bubur (eh kalau ini beli ga masak haha) tapi suatu hari saya bingung dan menyerah gatau mau masak apa lagi yang sekiranya ramah di lidah dan tenggorokan suami. Yah beginilah memang kalau jadi istri yang ga kreatif di dapur, dikasih tantangan memasak sedikit udah mentok dan menyerah, hiks.

Untunglah, tetiba jadi keinget acara Master Chef USA jaman baheula dulu, saya inget banget ada edisi dimana para peserta Master Chef ditantang memasak makanan ala Chef Gordon Ramsay’s childhood : Tomato Cream Soup!

Googling sana sini, beli-beli bahan di tukang sayur dan supermarket, akhirnya jadi juga deh Tomato Cream Soup sederhana versi saya hihihihi…

Bahan:

  • Tomat 6-7 buah
  • Bawang bombay 1 buah
  • Bawang putih 3-4 siung
  • Susu UHT fullcream 300 ml
  • Tepung maizena 1 sendok
  • Jagung 1 buah, dipipil (optional, ini rikues suami sih hehe)
  • Garam secukupnya
  • Merica secukupnya
  • Kaldu blok (optional)
  • Minyak untuk menumis
  • Roti tawar (dibakar, saya sih pake teflon)

 

Cara memasak:

  • Rebus tomat sampai matang, buang kulit dan isinya, blender sampai halus, tiriskan.
  • Cincang halus bawang bombay dan bawang putih,
  • Panaskan minyak, masukkan bawang bombay dan bawang puting dan masak hingga harum,
  • Masukkan tomat yang sudah diblender, tambahkan garam dan merica secukupnya.
  • Masukkan jagung yang sudah dipipil.
  • Campur satu sendok tepung maizena dengan 300 ml susu UHT fullcream di gelas, aduk, kemudian tuang ke dalam masakan.
  • Masukkan kaldu blok (kalau ada), icip-icip, koreksi rasa.
  • Angkat kemudian tiriskan.
  • Sajikan bersama dengan roti tawar yang sudah dibakar.

 

Gampang kaaan? Yaiyalah, kalau susah saya ga bakal nyoba wehehe.

Beginilah hasil coba-coba saya, walau penampakannya jauh dari ekspektasi, tapi percayalah itu hanya faktor kamera dan kemampuan fotografi saja kok. Soal rasa yaaaa lumayan lah, gatau juga wong ga ngerti harusnya rasanya gimana. Bagi saya dan suami sih ini enak. Selamat makan!😀

tomato-cream

img_20161125_162005

 

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s