Mahasiswa

Sepuluh Pemuda

“Indonesia punya tokoh sekelas Anies Baswedan yang selalu memperjuangkan pendidikan, Mario Teguh dengan motivasi yang mengingatkan pada kebaikan, Ebiet G. Ade dengan lagunya yang penuh pemaknaan, Dahlan Iskan dengan kesederhanaan yang mencoba keluar dari kebiasaan, juga Asma Nadia dengan tulisannya yang halus sekaligus tajam. Orang-orang seperti mereka masih ada. Mereka mencoba memberikan asa bagi bangsanya dengan kemampuan masing-masing.

Lalu, dimana kita?

Tak perlu Bung Karno bangkit dari kuburnya dan kembali berkata, ‘Aku butuh sepuluh pemuda untuk mengguncang dunia!’ Seharusnya bangsa itu kini bangkit berdiri, memercayai bahwa ia menyimpang banyak potensi. Setiap pemudanya bisa angkat suara, berteriak dengan lantang, “Aku butuh sembilan pemuda untuk membantuku mengguncangkan dunia!”

—Lentera, Majalah Civitas edisi Pemuda. 18 Maret 2013.

Saya mbrebes mili baca tulisan ini. T,T

Saya, bangsaku, saya pemuda. Saya tau saya tak banyak mampu, tapi saya tau saya mau berbuat sesuatu..

Saya, bangsaku, semoga layak menjadi satu dari “sepuluh pemuda” itu :”

Leave a Reply

